DESAIN , MODEL/PERMODELAN
, GRAFIS/GRAFIK
Desain
·
Menurut Kamus
Besar Bahasa Indonesia (2008: 346), desain adalah gagasan awal,
rancangan, perencanaan pola susunan, kerangka bentuk suatu bangunan,
motif bangunan, pola bangunan, corak bangunan. Sedangkan Desain merupakan
kata yang diambil dari bahasa inggris yaitu desain yang berarti rencana, jika
dijabarkan arti kata desain adalah ilmu yang berhubungan dengan suatu
perencanaan atau suatu perancangan, biasanya berbentuk suatu gambar (dwimatra)
dan nantinya dapat diwujudkan dalam bentuk yang sebenarnya (trimatra) atau
hanya sebagai aturan yang tertulis saja.
Pemodelan
- Pemodelan adalah pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya. Membentuk suatu benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan obyek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3 dimensi (3D modelling).
Grafik
- Grafik didefinisikan sebagai pengungkaapn dan perwujudan dalam bentuk huruf,simbol dan gambar dengan menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu manipulasi model dan citra. Contohnya adalah: foto, gambar/drawing, Line Art, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain. Seringkali dalam bentuk kombinasi teks, ilustrasi, dan warna.
Dari ketiga definisi di atas dapat
disimpulkan desain pemodelan grafik
adalah proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan
melalui beberapa tahapan yaitu membuat, menyimpan dan manipulasi model dan
citra.
Desain grafis
adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk
menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks
juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa
dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art.
Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan,
metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu
yang digunakan (desain).
Seni desain grafis
mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya
tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
PEMAHAMAN DESIGN DALAM
BEBERAPA BIDANG
A. Kesenian
Pengertian Deain. Desain biasa diterjemahkan sebagai
seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. kesenian dan
desain sangat berkaitan karena di setiap aspek desain selalu di kaitkan dengan
seni ataupun kesenian.
B. Sistim
Informasi
Dalam bidang teknologi,
desain juga sangat berkaitan. misalkan dalam pembuatan desain sebuah jaringan
komputer atau jaringan internet yang memerlukan kreatifitas untuk membentuk
sebuah desain jaringan tersebut agar dapat berfungsi dengan semsetinya.
C. Arsitektur
Dalam bidang
arsitektur, desain juga sangat berkaitan. misalkan dalam pembuatan karoserie
sebuah kendaraan dimana desain ersebut di kelola dengan menggunakan teknologi
yang akan membentuk sebuah model atau bentuk dari sebuah bodi, rangka dan mesin
kendaraan atau juga dapat di mislkan dalam pembuatan sebuah bangunan.
D. Produk
Desain produk dapat didefinisikan sebagai generasi
ide, pengembangan konsep, pengujian dan pelaksanaan manufaktur (objek fisik)
atau jasa. Desainer produk konsep dan mengevaluasi ide-ide, membuat mereka
nyata melalui produk dalam pendekatan yang lebih sistematis. Peran seorang
desainer produk meliputi berbagai karakteristik manajer pemasaran, manajer
produk, industri dan desain insinyur perancang.
PRINSIP & UNSUR
DESAIN GRAFIS DALAM
A.
KESENIAN
prinsip dalam bidang kesenian sendiri yaitu desain
memiiliki ruang kosong agar tampilan dari seni tersebut tidak terlalu terlihat
padat sehingga dapat memiliki nilai keindahan yang enak untuk di nikmati serat
memiliki kesederhanaan namun tidak mengurangi nilai keindahan di dalamnya.Unsur
dalam bidang kesenian memiliki warna yang sesuai agar indah di lihat terutama.
Unsur dari bentuk, apabila terlihat abstrak pun masih bisa terlihat nilai dari
kesenian tersebut. Memiliki tekstur yang sesuai dengan kesenian yang dibuat.
B. ARSITEKTUR
dalam bidang arsitektur, desain grafis ini memiliki
prinsip Emphasis atau disebut juga pusat perhatian, merupakan pengembangan
dominasi yang bertujuan untuk menonjolkan salah satu unsur sebagai pusat
perhatian sehingga mencapai nilai artistic.Unsur dari bidang arsitektur adalah
Ruang yang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada
praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan
dinamika desain grafis. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang
digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latarbelakang
(background).
PEMAHAMAN DESIGN GRAFIS DALAM KARIKARTUR
Karikatur berasal dari bahasa italia caricare.
Kata ini berhubungan dengan kata carattere yang berarti karakter dan cara yang
diartikan sebagai roman muka (Supradaka, 1993) mengartikan karikatur sebagai
humor yang menekankan ejekan atau sindiran tentang masalah sosial politik yang
sedang hangat dibicarakan.
Dalam sebuah krikatur, pemanfaatan
desain grafis sangat di perlukan untuk membuat sebuah desain dari karikatur itu
sendiri. Karena karikatur sangat memerlukan pemahaman tantang garis,
titik-titik serta pewarnaan yang ssuai agar terlihat seperti aslinya.
CONTOH PERMODELAN GRAFIS
A. KESENIAN : Pembuatan suatu
kerangka dalam membuat gambar 3D
B. TEKNOLOGI : perancangan
dalam membuat sebuah animasi 2D maupun 3D
C. ARSITEKTUR :
membuat
sebuah pemodelan terhadap bangunan yang ingin didirikan
D. BUDAYA : Batik
merupakan hanya sebagian kecil contoh manfaat desain pemodelan grafik pada
bidang budaya.
SUMBER
0 komentar:
Posting Komentar